Monday, July 19, 2021
Merpati Band & Bening Septari - Saat Jauh Darimu
Single

Merpati Band & Bening Septari – Saat Jauh Darimu

Di saat masa pandemi Covid 19 yang memberlakukan PSBB dan social distancing yang mengharuskan kita berdiam di rumah, justru merupakan kesempatan yang baik bagi Andi Merpati untuk fokus membuat lagu-lagu.

Alhasil, lahirlah sebuah lagu dengan judul “Saat Jauh Darimu” yang diciptakan sendiri oleh Andi, dan kemudian dipilih untuk menjadi single terbaru Merpati band.

Lagu “Saat Jauh Darimu” ini bercerita tentang perasaan rindu sepasang kekasih yang harus terpisah jauh karena sebuah pertengkaran yang seharusnya tak perlu di permasalahkan, hanya karena ego diri dua insan itu sehingga saling diam tanpa kata.

Padahal, kenyataannya mereka itu sama sama saling menunggu kabar, takut kehilangan dan berharap bisa kembali. Pada akhirnya mereka menyadari apa salahnya untuk saling mengalah karna sebenarnya hatinya masih saling cinta.

Mempertahankan gengsi dan ego diri hanya akan menyiksa hati. Lewat kekuatan rindu, “Saat Jauh Darimu”, cinta akhirnya bisa bertahan dan kembali.

Dari segi lirik dan notasi sengaja di buat sesimple mungkin tapi tetap bercerita, dalam liriknya yang lugas syarat akan makna sehingga orang yang pertama mendenger bisa langsung mudah memahami mungkin juga relevan dengan orang yang sedang mengalami keadaan ini.

Notasi lagunya sangat mudah dan gampang diingat dan yang mendengar juga bisa dengan mudah mengikuti untuk menyanyikannya.

Musik aransmennya digarap oleh Merpati band dan Rangga Gusman, dibuat mellow, lebih dewasa tapi tetap ciri khas Merpati band banget, dibalut dengan alunan instrumen biola yang memberi sentuhan lebih menyayat hati dan dramatis selaras dengan lirik lagunya, tapi tetap easy listening dan akan cepat mudah disukai.

Dalam single lagu “Saat Jauh Darimu” ini Merpati band yang tahun ini berusia 18 Tahun, berkolaborasi dengan Bening Septari, juara 1 Bintang Radio Tingkat nasional 2013 yang merupakan artis satu label di NAGASWARA.

Bening sendiri sempat sempat mengeluarkan single (“Cinta Yang Terabaikan”, “Ori”, “Tak Bisa Jadi Yang Kedua”, “Delete You”). Ia juga pernah berduet dengan grup Republik Pengvasa Hati (RPH) yang dimotori oleh Yogi RPH.

Bening memiliki kemampuan vokal yang tak diragukan lagi. Karakter vokalnya bagus dan cocok menyesuaikan dengan lagu-lagu Merpati band. Selain itu, Bening juga sudah sering ikut berkolaborasi partner duet dengan Merpati band pada saat manggung Off air, jadi sudah paham dengan karakter musik Merpati band.

“Pada saat diajak dan ditawari untuk berkolaborasi di project single ini, Bening langsung tertarik dan suka lagunya, itu yang lebih penting karena jika sudah suka lagunya akan sangat mudah untuk menghayati dan menyampaikan pesan lagunya,” ujar Andi Merpati.
Harapannya, semoga single kolaborasi Merpati band & Bening Septari ini bisa mengingatkan kembali pendengar kepada masa kejayaan lagu-lagu Merpati band pada awal awal kemunculannya.

Kini, dengan menghadirkan kembali sosok vokalis wanita (Bening) seperti sebelumnya di lagu hits (“Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah”,”Tak Rela”, “TSSII2”) yang masih diingat orang sampai sekarang.

Ini juga menjadi sesuatu yang berbeda dan menjadi terobosan baru setelah beberapa single sebelumnya Merpati band merilis dengan Andi sebagai satu-satunya vokalis di nomor “Sekilas Bayangmu Hadir” dan “Hatimu Sekeras Batu”.

Lagu “Saat Jauh Darimu” ini sekaligus mengobati kerinduan pendengar akan lagu-lagu duet Merpati dengan lirik khas si vokalis menyanyi saling bersahut-sahutan.

Secara emosional di lagu ini vokal Andi dan Bening menyatu mengalun perlahan tapi dapat klimaks-nya, sehingga menyentuh hati pendengar khususnya ‘Sayap Sayap Merpati’. (PR NAGASWARA)

Leave a Response